Peningkatan Strategi Marketing UMKM Putat Jaya Sawahan di Era Endemi

Authors

  • Lilla Ning Cahya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Febby Rahmatullah Masruchin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

KKN, UMKM, Catering, Digital Marketing

Abstract

Saat pandemi Covid-19 mulai masuk di Indonesia dan mulai berkembang pesat menyebar keseluruh wilayah
bagian di Indonesia termasuk khususnya di wilayah kota Surabaya ini. Pemerintah mulai mengatur kebijakan
untuk seluruh masyarakat di Indonesia dengan membatasi kegiatan di luar rumah dan penutupan beberapa toko
atau bisnis. Sehingga semua itu menyebabkan sepinya pelanggan dari semua kalangan pedagang atau pebisnis,
namun lambat laun semua itu sudah kita lewati selama kurang lebih 2 tahun 3 bulan. Setelah kejadian 2 tahun
yang membuat ekonomi masyarakat menjadi menurun, bahkan ada yang bangkrut atau rugi dan sebagainya kini
dengan berjalannya waktu pasien virus covid-19 semakin menurun dan menghilang. Dari sinilah para pedagang
dan pebisnis memulai lagi membangun perekonomian dengan telah dibukanya kebijakan dari pemerintah untuk
tidak membatasi kegiatan di luar rumah lagi. Belajar dari masa pandemi kemarin para pebisnis atau pedagang
yang masih tetap semangat dan berkembang atau tidak bangkrut mereka tetap melancarkan bisnisnya dengan
berjualan melalui sosial media atau memanfaatkan digital marketing. Untuk itu kegiatan KKN ini akan membantu
mitra KKN untuk mempromosikan dagangannya melalui sosial media supaya lebih dikenal oleh kalangan
masyarakat yang lebih luas. Selain melalui online atau memanfaatkan digital marketing mitra KKN juga akan
mengikuti pelatihan peningkatan pemasaran melalui offline atau secara langsung dengan pembeli.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Lilla Ning Cahya, & Febby Rahmatullah Masruchin. (2022). Peningkatan Strategi Marketing UMKM Putat Jaya Sawahan di Era Endemi. Prosiding Patriot Mengabdi, 1(02). Retrieved from https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/spm/article/view/1748

Issue

Section

Articles