STRATEGI PEMULIHAN EKONOMI PELAKU UMKM SETELAH MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 DI ERA NEW NORMAL
Abstract
Covid-19 merupakan wabah yang menginfeksi hampir seluruh belahan dunia yang berdampak terhadap berbagai sektor terutama pada sektor ekonomi. Pandemi Covid-19 yang berdampak pada perekonomian ini tidak hanya di rasakan secara domestik, namun juga terjadi secara global. Di Indonesia hal ini tentunya juga memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap pariwisata, sektor perdagangan, industri termasuk Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Desa Pucangsimo Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang merupakan salah satu desa yang terkena imbas atas pandemi covid-19. Seperti yang kita ketahui akibat dari lockdown yang dilakukan oleh pemerintah menjadikan omset para pengusaha menurun drastis sehingga banyak karyawan yang di phk masal. Berdasarkan hal tersebut program pengabdian masyarakat yang dijalankan ini akan membantu para pelaku UMKM khususnya di Desa Pucangsimo RT02 RW09 yakni dengan memulihkan perekonomian guna membantu pengusaha kecil agar tidak gulung tikar dengan menggunakan pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) sebagai media pemasaran digital melalui e-commers ataupun media sosial.
Kata Kunci: UMKM, digital marketing, strategi pemasaran