MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK-ANAK MELALUI PROGRAM MEMBUAT POJOK BUKU

Authors

  • M. Osvaldo M. R Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Feliks A.B.K Panjaitan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Di dalam desa Plaosan rata-rata anak-anak malas untuk berinteraksi di luar rumah maupun di sekolah dikarenakan anak-anak sudah terbiasa untuk bermalas-malasan karena pandemic yang membuat anak-anak harus di dalam rumah untuk cukup lama, Dan karena itulah anak-anak lebih suka untuk bermain handphone atau menonton televisi dan rutinitas tersebut membuat anak-anak menjadi malas dan kurang suka untuk membaca maupun belajar saat di dalam rumah maupun di sekolah. Permasalahan yang terjadi pada mitra adalah kurangnya minat anak-anak untuk belajar membaca karena faktor bermain yang terlalu banyak yang membuat anak-anak lebih suka bermain dari pada belajar. Tujuan proram KKN-PPM ini adalah: Pertama, memberdayakan anak- anak dalam upaya meningkatkan pembelajaran. Kedua, melakukan pengajaran dengan baik. Ketiga, menangani tingkah laku. Keempat, memperkenalkan mentode pembelajaran yang efektif yang membuat anak-anak tidak merasa bosan saat belajar. Beberapa metode yang bisa diterapkan dalam kerangka meningkatkan peminatan anak-anak untuk membaca di massa endemic, Dalam program KKN-PPM ini antara lain melalui: kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi, penyuluhan, pelatihan, praktik, monitoring dan evaluasi. Agar dalam pelaksanaan program kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, mahasiswa peserta KKN-PPM sebelum terjun di lapangan, terlebih dahulu diberi pembekalan tentang materi program yang akan dikenakan pada perseta KKN. Diusulkan hasil kegiatan program KKN-PPM untuk dapat dijadikan sebagai karya pengabdian yang dapat dipublikasikan melalui jurnal ilmiah..

Kata Kunci: KKN, Minat, Membaca, Pojok Baca

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

M. R, M. O., & Panjaitan, F. A. . (2022). MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK-ANAK MELALUI PROGRAM MEMBUAT POJOK BUKU. Prosiding Patriot Mengabdi, 1(02), 562-568. Retrieved from https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/spm/article/view/1729

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)