PENGEMBANGAN USAHA RUMAH TANGGA PEYEK DI KELURAHAN WONOREJO, KECAMATAN RUNGKUT, KOTA SURABAYA

Authors

  • Mohammad Suyanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Joko Priyono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muslimin Abdulrahim Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30996/scfp.v1i1.733

Keywords:

Peyek, UMKM, Pelatihan Pemasaran

Abstract

Abstrak.

            Peyek merupakan jenis makanan khas Indonesia sebagai pendamping atau lauk terutama untuk Nasi Pecel. Bu Jadmini  seorang janda yang untuk memenuhi kebutuhan sehari harinya memproduksi peyek dan memasarkan dibeberapa penjual nasi pecel di wilayah wonorejo. Dalam perkembangan terakhir mengalami penurunan jumlah pelanggannya, sekarang tinggal 2 pelanggan karena dampak dari pandemic Covid-19, sehingga pendapatan sehari harinya juga mengalami penurunan karena Bu Jadmini selama ini hanya melayani penjual nasi pecel.

Berdasarkan hasil survei dan penjelasan mitra diperoleh informasi bahwa mitra  mengalami masalah yaitu : (1) Turunnya omset penjualan; (2) Kurangnya kemampuan dalam managemen pengelolaan usaha terutama bidang pemasaran

            Memperhatikan permasalahan tersebut pengabdi memberikan solusi memberi pelatihan manajemen pengelolaan usaha yaitu pelatihan pemasaran, Inovasi Produk dan  pembukuan sederhana.

Setelah diberi pelatihan ini akhirnya terbuka wawasan mitra dibidang pemasaran yaitu bahwa Peyek bukan hanya makanan pendamping (lauk) nasi pecel, tetapi juga sebagai makanan camilan. Produk yang dihasilkan sekarang tidak hanya peyek kacang juga Peyek Grago, Peyek Teri dengan pasar sasarannya yaitu Warung Kopi (Warkop),

            Dengan kegiatan pengabdian ini omset penjualan mitra mulai mengalami peningkatan dan untuk peningkatan penjualan selanjutnya maka mitra tinggal menambah jumlah pelanggannya terutama di Warkop. Selain itu secara perlahan mitra belajar untuk memisahkan keuangan rumah tangga dan keuangan usahanya.

Kata kunci: Peyek; UMKM; Pelatihan Pemasaran

References

Adhianty Nurjanah, Sakir (2021). Pemberdayaan Umkm Peyek Santoso Imogiri Bantul Melalui Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri Vol 5 No 2

Siska Candra Ningsih, Kintoko, Puji Handayani Putri (2020). Inovasi Kemasan dan Perluasan Pemasaran Usaha Rempeyek di Yogyakarta. Dinamisia Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4 No 1

Dewi Marwati, Intisari Intisari, Wahida Wahida (2017). Program Kemitraan Masyarakat (Pkm) Pengembangan Usaha Peyek Kacang Di Kota Palopo. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepad aMasyarakat (SNP2M) 2017 (pp.351-336)

Findya Puspitasari*, Rabiatul Adawyah (2020). Peningkatan Daya Saing Produk Rempeyek Ikan Teri Dan Rempeyek Udang “Denok” Di Kelurahan Loktabat Utara Dengan Perbaikan Kemasan Dan Aneka Varian Rasa. PRO SEJAHTERA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat) Volume 2 Halaman 6-9 Universitas Lambung Mangkurat

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Elangga.

Alamsyah, Yuyun. (2008).Bisnis Kuliner Tradisional. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Alma, Buchari. (2005). Kewirausahaan. Bandung : CV Alfabeta

Gardjito, M. (2017). Kuliner Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Mohammad Suyanto, Joko Priyono, & Muslimin Abdulrahim. (2022). PENGEMBANGAN USAHA RUMAH TANGGA PEYEK DI KELURAHAN WONOREJO, KECAMATAN RUNGKUT, KOTA SURABAYA. PSHPM: Prosiding Seminar Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat , 1(1), 159-164. https://doi.org/10.30996/scfp.v1i1.733