PENGEMBANGAN USAHA RUMAH TANGGA KOPI BUBUK MELALUI PENDAMPINGAN PEMASARAN DI KELURAHAN KALI RUNGKUT, KECAMATAN RUNGKUT, KOTA SURABAYA
Keywords:
UMKM, Kopi Bubuk, Pemasaran, KalirungkutAbstract
Kelurahan Kalirungkut berada di Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya. Diwilayah Kelurahan Kalirungkut
banyak UMKM yang sudah berjalan namun masih banyak yang belum bisa berkembang sebagaimana
yang diharapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya.
Salah satu pelaku usaha yaitu Bapak Imam Chanafi, yaitu menjalankan usaha rumah tangga memproduksi
Kopi Bubuk. Usaha ini sudah dijalani lebih dari 7 tahun, dan sudah diberi bantuan mesin penggoreng
kopi, namun perkembangan usahanya belum bisa berkembang sesuai harapan
Permasalahan yang dihadapi Mitra: Kurangnya pemahaman bidang pemasaran
Solusi yang diberikan: Pemberian pendampingan bidang pemasaran.
Dengan solusi yang diberikan, yaitu pendampingan bidang pemasaran Mitra dapat meningkatkan
penjualan kopi bubuknya dan memperluas pasarnya
References
Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi, 2008, h. 69
https://ditjenppi.kemendag.go.id/index.php/apec-oi/organisasi-komoditi-internasional/ico
ICO. 2018. Perundingan Kopi Internasional.
Prastowo, B., E. Karmawati, Rubijo, Siswanto, C. Indrawanto, S. J. Munarso. 2010 Budidaya
dan Pasca Panen Kopi. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Bogor
Siti Khotijah, Smart Strategi Of Marketing Persaingan Pasar Global, AFABETA, Bandung,
, h. 17
Sofjan Assauri, Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi, Jakarta: RajaGrafindo
Persada, , 2011), h. 168-169.
Sudarto. 2017. Peluang Usaha Kopi. Kementrian Perindustrian Republik Indonesia