PEMANFAATAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS
DOI:
https://doi.org/10.30996/scfp.v1i1.711Keywords:
Anak berkebutuhan khusus, kartu kata bergambar, membacaAbstract
Abstrak
Anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukkan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik. Dalam mengajarkan anak berkebutuhan khusus diperlukan pendekatan dan edukasi belajar yang tepat. Seperti menggunakan media pembelajaran. Permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 52 Surabaya yaitu masih banyak siswa berkebutuhan khusus yang belum bisa membaca dan mengenal huruf. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, mahasiswa menerapkan media pembelajaran kartu kata bergambar. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, mengenalkan macam-macam huruf, dan melatih pengucapan huruf dengan benar. Sasaran dalam kegiatan pembelajaran ini adalah siswa berkebutuhan khusus kelas VII dan VIII, yang terdiri dari 1 siswa laki-laki kelas VII dan 1 siswa laki-laki kelas VIII. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah secara langsung di ruangan Inklusi SMP Negeri 52 Surabaya. Pelaksanaan kegiatan ini memberikan dampak positif yaitu meningkatnya kemampuan siswa dalam membaca, meningkatnya pemahaman siswa tentang huruf-huruf dan pengucapan huruf yang benar.
Kata Kunci : Anak berkebutuhan khusus; kartu kata bergambar; membaca
References
Adam & Syastra, Taufik. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam . CBIS Journa, 78-90.
Gading, I., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh metode suku kata dengan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan. Jurnal Mimbar Ilmu, 270-276.
Nurhidayah, Joko S, I., & Karim , A. (2017). Penerapan kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas I Sd Islam Nu Pungkuran Tahun 2017. Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi, 1-13.