“STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA KALI WATU KODOK MELALUI PETA WISATA DAN MEDIA SOSIAL”
Keywords:
wisata, pemasaran, potensi, peta wisata, media sosialAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan potensi pariwisata di
Dusun Sukorejo melalui perancangan peta wisata dan pembuatan media sosial sebagai
strategi pemasaran khususnya untuk destinasi wisata Kali Watu Kodok. Wisata Kali Watu
Kodok merupakan wisata alam yang dibangun dari hasil swadaya masyarakat Dusun
Sukorejo. Objek atau mitra kegiatan pengabdian melibatkan Karang Taruna sebagai mitra
lokal yang berperan aktif dalam pengembangan wisata di dusun tersebut. Alat yang
digunakan dalam penelitian ini mencakup perangkat lunak desain grafis untuk perancangan
peta wisata, perangkat keras komputer, kamera untuk dokumentasi visual, dan perangkat
lunak media sosial untuk pembuatan dan manajemen konten. Proses kegiatan pengabdian
melibatkan langkah-langkah perancangan peta wisata yang menonjolkan fasilitas dan potensi
wisata Kali Watu Kodok serta pembuatan media sosial yang dapat digunakan sebagai saluran
pemasaran. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa pengembangan peta wisata dan
media sosial dapat meningkatkan visibilitas destinasi wisata, dan menarik minat wisatawan.
Dengan menerapkan strategi pemasaran berbasis media sosial dan peta wisata, Dusun
Sukorejo diharapkan dapat meningkatkan daya tarik destinasi wisata Kali Watu Kodok, serta
menciptakan kesadaran lingkungan untuk menjaga kelestarian objek wisata. Kegiatan
pengabdian masyarakat ini memberikan kontribusi pada pengembangan pariwisata lokal dan
dapat dijadikan acuan untuk pengembangan destinasi wisata serupa di daerah lain.