PENERAPAN ALAT PERAGA EDUKASI DAN POJOK BACA GUNA MENANAMKAN BUDAYA MEMBACA PADA SISWA SDN SAJEN 2

Authors

  • Lutfi Agung Suarga S.T., M.T. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Yodik Satriya Atmaja Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Zahratun Sabina Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Irene Syabilla Alifia Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Literasi; Edukasi; Konsentrasi

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran alat peraga mainan dan
pojok literasi dalam meningkatkan keinginan membaca siswa SDN Sajen 2, denganadanya pojok
literasi dapat menumbuhkan budaya baca, meningkatkan minat baca agar kemampuan membaca
siswa-siswi menjadi lebih baik. Untuk dapat meningkatkan minat baca, perlu difasilitasi setiap kelas
serta ruang perpustakaan untuk kegiatan pojok literasi dan permainan alat peraga edukasi.
SDN Sajen 2 merupakan sekolah dasar yang berada di Desa Sajen Kecamatan Pacet Kabupaten
Mojokerto yang banyak memiliki potensi terkait kegiatan belajar mengajar. Hanya saja dalam
penerapannya masih dirasa kurang karena sarana perpustakaannya kekurangan buku. Dan ada

1265

beberapa hal yang dirasa kurang untuk meningkatkan konsentrasi dalam kegiatan belajar mengajar.
Maka dari itu, pelaksanaan KKN akan berfokus pada peningkatan keterampilan kogntif dan
peningkatan minat baca pada siswa-siswi SDN Sajen 2.
Program ini bertujuan untuk membantu guru –guru SDN Sajen 2 mengaplikasikan alat peraga
edukasi (electric maze) pada siswa-siswi untuk melatih konsentrasi dalam kegiatan belajar mengajar.
Dengan menjalankan program kerja pojok literasi juga dapat membantu siswa SDN Sajen 2 memiliki
keinginan membaca.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Lutfi Agung Suarga S.T., M.T., Yodik Satriya Atmaja, Zahratun Sabina, & Irene Syabilla Alifia. (2024). PENERAPAN ALAT PERAGA EDUKASI DAN POJOK BACA GUNA MENANAMKAN BUDAYA MEMBACA PADA SISWA SDN SAJEN 2. Prosiding Patriot Mengabdi, 3(01), 1264-1273. Retrieved from https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/spm/article/view/4034