PENINGKATAN PRODUKTIVITAS UMKM KERIPIK TALAS DI DESA KESIMANTENGAH KECAMATAN PACET – MOJOKERTO
Keywords:
Desain, UMKM, Desa Kesimantengah, Pemasaran.Abstract
UMKM adalah usaha kecil yang dikelola dan dikendalikan oleh seorang individu, kelompok, atau
individu kecil dengan jumlah kekayaan dan pendapatan tertentu. UMKM mempunyai peran yang
cukup besar dalam strategi Indonesia. Secara umum, UMKM dapat meningkatkan perekonomian
lokal baik di pedesaan maupun perkotaan dengan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.
Di dunia yang semakin maju secara teknologi saat ini, dunia usaha, khususnya usaha mikro, kecil,
dan menengah (UMKM), harus mampu mengikuti perubahan agar tetap dapat bertahan,
berkembang, dan berdaya saing. UMKM talas adalah salah satu komoditas umibi-umbian yang
jika tidak diolah akan mudah rusak. Keripik talas adalah salah satu produk yang paling mudah
dioleh dan memiliki ketahanan yang cukup lama jika sudah diolah. Penelitian ini diteliti dengan
tujuan untuk meningkatkan produktivitas UMKM keripik tales di Desa Kesimantengah kecamatan
Pacet. Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif analisis. Lokasi ditentukan berdasarkan
observasi pelaku UMKM skala kecil, karena pelaku usaha UMKM tersebut hanya satu saja di desa