Peningkatan Literasi Teknologi Informasi Melalui Pelatihan Dasar: Studi Kasus pada Masyarakat Lokal

Authors

  • Faritzal Rachman Junioananta Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Simson Hasgelter Lumbantoruan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mamang Efendy Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Jatidukuh; Karang Taruna; Teknologi Informasi; Peningkatan Keterampilan

Abstract

Masyarakat pada umumnya di Desa Jatidukuh, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto,
Jawa Timur banyak sekali yang hanya sekedar tahu tentang teknologi namun belum paham
menggunakan internet dan menggunakan teknologi modern, dimana di zaman digital sekarang
semua sudah bisa diakses di mana saja kapanpun dan di manapun, tentunya hal tersebut bisa
menimbulkan dampak positif dan negatif, tetapi juga dampak negatif atau kekurangan itu perlu
diperhatikan. Seperti keamanan teknologi informasi, privasi, etika, ketergantungan kesehatan
dan sebagainya peningkatan keterampilan dan pengetahuan peserta dalam teknologi informasi ,
menjadi lebih percaya diri dalam menggunakan komputer, mengakses internet, dan
menggunakan perangkat lunak dasar. Pengabdian ini dilaksanakan pada 18 Januari 2024 di
kegiatan melakukan pelatihan teknologi pada karang taruna Desa Jatidukuh, Kecamatan
Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur untuk mengenal dan menggunakan perangkat
dasar, perangkat lunak, dan internet bagi kehidupan sehari-hari masyarakat pada desa Jatidukuh,
Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Dalam melakukan pelatihan tersebut,
kegiatan ini juga melakukan praktek langsung supaya lebih efisien dan intens, serta Pre-Test dan
Post-Test untuk mengukur dan mengetahui pemahaman para peserta setelah dilakukannya
kegiatan ini.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Faritzal Rachman Junioananta, Simson Hasgelter Lumbantoruan, & Mamang Efendy. (2024). Peningkatan Literasi Teknologi Informasi Melalui Pelatihan Dasar: Studi Kasus pada Masyarakat Lokal. Prosiding Patriot Mengabdi, 3(01), 798-807. Retrieved from https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/spm/article/view/3890

Most read articles by the same author(s)