PELATIHAN READING, LISTENING, WRITING, DAN SPEAKING DALAM BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN DI KELAS
Keywords:
Pendidikan Bahasa Inggris, minat dan bakat berbahasa InggrisAbstract
Pendidikan Bahasa Inggris menjadi wacana hangat di dunia Pendidikan Indonesia. Masalah-masalah
yang terjadi seperti public speaking, listening, reading, and writing merupakan praktek-praktek dasar
yang harus di kuasai dalam dunia pendidikan mulai dari sekolah menengah pertama sampai dengan
sekolah menengah atas. Seperti kita ketahui bahwa pelajaran Bahasa Inggris sekarang kurang
diminati oleh anak-anak pada pendidikan sekolah menengah di Indonesia. Oleh karena itu untuk
memebangun pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia agar memiliki peningkatan. Oleh karena itu,
422
dalam pemberian pendidikan bahasa inggris pada sebuah lembaga pendidikan dapat dilakukan dengan
menanamkan pelatihan dasar pendidikan bahasa Inggris dalam proses pembelajaran, salah satunya
berupa pengenalan diri sendiri atau memperkenalkan orang lain dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Penelitian yang menggunakan metode observasi ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan bahasa
Inggris yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari di Sekolah Menengah Atas. Hasil dari kajian ini
menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan bahasa Inggris dalam pembelajaran memerlukan
pemahaman guru sebagai pelaksana kurikulum dan fasilitator bagi siswa melalui kegiatan
pembelajaran di sekolah sehingga siswa tidak hanya memiliki kompetensi yang baik, melainkan juga
memiliki budi pekerti yang terpuji.