PENGUATAN LITERASI DAN NARASI INSPIRASI MELALUI KELAS MENULIS BAGI ORANGTUA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Authors

  • Wahyu Kuncoro Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30996/scfp.v1i1.736

Keywords:

Y-AMI, Literasi, Kelas Menulis, Disabilitas

Abstract

Abstrak

            Latar belakang pendirian Yayasan - Ananda Mutiara Indonesia (Y-AMI) karena kepedulian terhadap para orangtua dari aanak berkebutuhan khusus (ABK) yang umumnya belum siap menghadapi dan mengasuh anak dengan kondisi seperti itu. Keberadaan yayasan ini pada awalnya menjadi ajang untuk berbagi cerita dan saling menguatkan di antara sesama orangtua dari anak yang berkebutuhan khusus.

            Dalam setiap pertemuan yang diselenggarakan, selalu menemukan kisah-kisah inspiratif dari hasil interaksi para orangtua dengan buah hatinya yang menyandang disabilitas. Kondisi tersebut kemudian dirasakan akan lebih bermanfaat kalau misalnya, para orangtua memiliki kemampuan untuk menuliskan kisah dan pengalamannya. Namun sayangnya, mayoritas anggota Yayasan AMI tidak memiliki bekal pengalaman dan ketrampilan dalam menuliskan pengalaman dan  kisah kisah menarik selama berinteraksi dengan buah hatinya.

            Berangkat dari kondisi itu dirancanglah kegiatan Literasi dan Narasi Inspirasi yang berupa kelas menulis bagi para orangtua dari anak berkebutuhan khusus ini. Saat pelaksanaan kelas, para anggota Y-AMI mendapatkan motivasi untuk menulis dan materi tentang teknik dasar penulisan. Mulai dari penulisan berita, penulisan essay/opini hingga penulisan sastra. Harapannya, masing masing orangtua bisa menuliskan pengalamannya dengan beragam model tulisan yang dikuasai.

            Melihat motivasi dan potensi kemanfaatan dari pengalaman-pengalaman peserta kelas penulisan, maka sungguh penting untuk terus dilakukan pendampingan dan pembinaan agar kemampuan penulisan segenap anggota Y-AMI terus meningkat. Harapannya akan semakin banyak produk produk tulisan baik yang bisa dipublikasi secara mandiri melaui media sosial, juga melalui bahan tercetak seperti buku dan bahan cetak lainnya.

Kata Kunci : Y-AMI; literasi; kelas menulis; disabilitas

References

Normasari, E., Fitrianawati, M., & Hidaya, dan N. (2021). Akseptabilitas Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Kota Yogyakarta. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 133–139.

Novita;, F. ; D. Y. (2021). POLA ASUH TERHADAP ANAK DISABILITAS PADA MASA PANDEMI DI SLB NEGERI SUKADANA KALIMANTAN BARAT. REHSOS Jurnal Ilmiah Kesejahteraan Sosial, 3(2), 125–141.

Sofiatuz, Z. (2019). Pengaruh Penerimaan Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosi Anak Difabel,. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 8(1), 74–98.

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Wahyu Kuncoro. (2022). PENGUATAN LITERASI DAN NARASI INSPIRASI MELALUI KELAS MENULIS BAGI ORANGTUA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. PSHPM: Prosiding Seminar Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat , 1(1), 175-183. https://doi.org/10.30996/scfp.v1i1.736