PENDAMPINGAN TUMBUH KEMBANG ANAK MELALUI PEMERIKSAAN PSIKOLOGIS DAN PENYULUHAN DI PAUD KARTINI

Authors

  • Suhadianto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Aliffia Ananta Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30996/scfp.v1i1.728

Keywords:

pendampingan perkembangan anak, PAUD Kartini, Pemeriksaan psikologis, Penyuluhan

Abstract

Abstrak. Populasi anak di Indonesia tidak kurang dari 10% total jumlah penduduk. Anak-anak tersebut harus mendapatkan stimulasi perkembangan yang tearah dari orang tua agar tidak mengalami gangguan perkembangan. Kondisi eksisting menunjukkan, sebagian orang tua siswa di PAUD Kartini belum memiliki pamahaman yang baik tentang cara pemberian stimulasi perkembangan pada anak. Berangkat dari kondisi tersebut maka tim pengabdian merasa perlu memberikan pendampingan kepada para orang tua. Kegiatan pendampingan ini melibatkan siswa Taman Kanak Kanak (TK) kelompok B dan seluruh orang tua siswa, mulai dari Kelompok Bermain (KB) sampai TK. Pendampingan diberikan dalam bentuk pemeriksaan psikologis pada siswa TK kelompok B dan penyuluhan kepada orang tua siswa. Pemeriksaan psikologis dilaksanakan menggunakan tes psikologi yang sudah terstandardisasi oleh Himpunan Psikologi Indonesia. Adapun penyuluhan diberikan menggunakan prinsip pembelajaran orang dewasa. Hasil dari kegiatan pendampingan telah diperoleh gambaran psikologis anak dan telah memberikan dampak terhadap peningkatan pengetahuan orang tua tentang pemberian stimulasi perkembangan pada anak. Implikasi dari kegiatan pendampingan akan dibahas.  

 

Kata Kunci: pendampingan perkembangan anak; PAUD Kartini; Pemeriksaan psikologis; Penyuluhan

References

Darwis, N. (2019). Hubungan pendidikan kesehatan terhadap kemampuan ibu menstimulasi perkembangan anak usia 0–24 bulan pada masyarakat nelayan Desa Kajuara Kabupaten Bone. Jurnal Ilmiah Mappadising, 1(1), 9-16.

Zukhra, R. M., & Amin, S. (2017). Hubungan tingkat pengetahuan orang tua tentang stimulasi tumbuh kembang terhadap perkembangan balita di wilayah kerja Puskesmas Simpang Baru. Jurnal Ners Indonesia, 8(1), 8-14.

Hariweni, T. (2003). Pengetahuan, sikap dan perilaku ibu bekerja dan tidak bekerja tentang stimulasi pada pengasuhan anak balita. Bagian Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara.

Ramadia, A., Sundari, W., Permanasari, I., & Pardede, J. A. (2021). Pengetahuan orangtua tentang stimulasi perkembangan anak berhubungan dengan tahap tumbuh kembang anak usia todler. JKJ: Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(1), 1-10.

Yuniarti, S. (2015). Asuhan tumbuh kembang neonatus, bayi, balita, dan anak prasekolah. Bandung: Rafika Aditama

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Suhadianto, & Aliffia Ananta. (2022). PENDAMPINGAN TUMBUH KEMBANG ANAK MELALUI PEMERIKSAAN PSIKOLOGIS DAN PENYULUHAN DI PAUD KARTINI. PSHPM: Prosiding Seminar Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat , 1(1), 131-137. https://doi.org/10.30996/scfp.v1i1.728