PERAN SANTRIWATI DALAM PENGEMBANGAN PERANCANGAN PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR’AN

Authors

  • Ibrahim Tohar Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Suko Istijanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30996/scfp.v1i1.725

Keywords:

santriwati, partisipasi, pengembangan, pesantren tahfidz

Abstract

Abstrak

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan berdasarkan permintaan dari Pimpinan Pesantren Tahfidz Generasi Qur’ani” Lampung Tengah yang ingin mengembangkan pendidikan masyarakat melalui pola Pendidikan Pesantren. Pesantren ini berdiri pada tahu 2015 dan berkembang secara pesat dari jumlah santriwati yang selalu naik dari tahun ke tahun. Tujuan PKM ini untuk membantu merencanakan pengembangan Pesantren Tahfidz Generasi Qur’ani menjadi pesantren yang sesuai karakter kegiatan Pendidikan Santriwati setingkat SMP dan SMA. Metode yang digunakan adalah dialog bersama para santriwati dan pengelola pesantren. Hasil masukan-masukan dari santriwati dan pengelola, menjadi konsep perencanaan pengembangan pesantren, all in one yaitu kegiatan-kegiatan santriwati diwadahi dalam satu fasilitas indoor dan outdoor. Dari konsep perencanaan tersebut dituangkan dalam draf rancangan yang dikomunikasikan kembali kepada santriwati dan pengelola, sampai pada akhirnya menjadi gambar rancangan. Dengan model partisipasi santriwati tersebut, rancangan pesantren ini diharapkan dapat memperlancar kegiatan tahfidz di pesantren dan dapat membangkitkan kegiatan ekonomi di lingkungan Pesantren.

 

Kata Kunci: santriwati; partisipasi; pengembangan; pesantren tahfidz

References

Referensi Majalah

Abdul Madjid dan Dian Andayani. (2004). Pendidikan agama islam berbasis kompetensi. Bandung. Remaja Rosdakarya.

A. Halim, Rr.Suhartini, dkk. (2005). Manajemen pesantren. Yogyakarta. Pustaka Pesantren Kelompok Penerbit LkiS.

Abdul Madjid dan Dian Andayani Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Lampung Tengah. (2011). rencana tata ruang dan wilayah (rtrw) kabupaten lampung tengah. Lampung: BAPPEDA Kabupaten Lampung Tengah.

Setyawan, M. Bagus. (2018). perancangan islmic center di bangkalan madura, Jurusan Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Referensi Jurnal

Utaberta, N. (2007). Permasalahan dan pendekatan studi tentang arsitektur islam. Jurnal Ilmiah Desain dan Konstruksi Universitas Gunadarma, 2(6).

Utaberta, N. (2011). Rekonstruksi pemikiran, filosofi, dan perancangan arsitektur islam berbasiskan al-qur;an dan sunnah. Simposium Alam Bina Serantau Universiti Kebangsaan Malaysia.

Utami. (2008). Integrasi konsep islami dan konsep arsitektur modern pada perancangan arsitektur masjid. Jurnal Itenas Online.

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Ibrahim Tohar, & Suko Istijanto. (2022). PERAN SANTRIWATI DALAM PENGEMBANGAN PERANCANGAN PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR’AN. PSHPM: Prosiding Seminar Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat , 1(1), 116-130. https://doi.org/10.30996/scfp.v1i1.725