THE EFFECT OF SHARE OWNERSHIP STRUCTURE, DIVIDEND POLICY AND GOOD CORPORATE GOVERNANCE ON COMPANY VALUE ON FOOD AND BAVARAGE COMPANIES LISTED ON THE INDONESIA STOCK EXCHANGE (IDX)

Authors

  • Sri Hesti P. Utami
  • Hwihanus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan saham terhadap nilai perusahaan, pengaruh kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan, pengaruh good corporate governance terhadap nilai perusahaan, pengaruh kepemilikan saham terhadap kebijakan dividen, dan pengaruh good corporate governance terhadap kebijakan dividen. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang mempublikasikan laporan keuangan tahunan secara konsisten dari tahun 2017-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019. Metode pengambilan sampel menggunakan pendekatan purposive sampling. Sumber datanya adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan periode 2017-2019 di Bursa Efek Indonesia.
Analisis data penelitian ini menggunakan outer model, outer loading setelah merubah model, dan path analysis. Dengan bantuan program Partial Least Square sehingga tidak banyak asumsi dan diperoleh hasil yang pasti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis data atau hasil koefisien jalur dalam analisis Partial Least Square ditujukan untuk kepemilikan saham, kebijakan dividen, good corporate governance dan nilai perusahaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan saham berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, kebijakan dividen berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, good corporate governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, pengaruh kepemilikan saham berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, dan good corporate governance. berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen.
Kata Kunci: Kepemilikan Saham, Kebijakan Dividen, Tata Kelola Perusahaan Yang Baik, Nilai Perusahaan

Downloads

Published

2022-04-08