PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA MENGENAI BAHAYA SERTA UPAYA PENGURANGAN SAMPAH PLASTIK PADA INSTITUT PEMULIHAN DAN PERLINDUNGAN SUNGAI, DUSUN.KRAJAN, DESA WRINGINANOM RT01 RW05, WRINGINANOM GRESIK

Authors

  • Vania Shafa Meidina
  • Maulana Arif

Abstract

Proses pembelajaran merupakan kegiatan terstruktur dan terencana yang menciptakan seseorang agar dapat belajar efektif dan efisien dengan tujuan pembelajaran. Pembelajaran di sekolah adalah salah satu kegiatan belajar mengajar yang memiliki dampak besar bagi siswa, yang tentunya harus ditunjuang oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang memiliki dampak besar pada hasil belajar siswa adalah motivasi belajar siswa. Ketika motivasi belajar siswa tinggi, maka mereka mampu mencapai tujuan belajar dan mendapatkan hasil belajar yang baik. Tidak cukup dengan motivasi belajar, perlu juga diadakannya metode inovasi proses pembelajaran yang baru. Diterapkannya proses pembelajaran konvensional ternyata banyak menyebabkan resiko, salah satunya siswa merasa jenuh pada proses pembelajaran berlangsung. Metode Outdoor Study dapat menjadi jembatan dalam mendorong motivasi belajar siswa dan meningkatkan kapasitas belajar siswa, sehingga teori yang dipelajari oleh siswa di dalam kelas berkesinambungan dengan kenyataan yang ada di lapangan. Pembelajaran luar kelas tidak hanya sekedar memindahkan tempat belajar di luar kelas, namun memperkenalkan dan mengajak siswa untuk menyatu dengan alam dan keadaan sekitar terutama terhadap objek yang mengarah pada lingkungan. Institut Pemulihan dan Perlindungan Sungai (INSPIRASI) merupakan lembagaobservasi lingkungan yang berfokus pada lahan basah terutama sungai. INSPIRASI sering dijadikan ‘rumah’ untuk pulang bagi sekolah – sekolah atau instansi yang ingin mengenal lebih jauh mengenai sungai dan sampah plastik. INSPIRASI mengedukasi para siswa untuk mengetahui upaya pengurangan sampah plastik sekali pakai yang selama sudah bukan menjadi prioritas dalam permasalahan lingkungan. Diperlukannya teknik – teknik menggunakan lingkungan sebagai prosedur belajar dengan cara survey keadaan sekitar dan praktik lapangan.

Downloads

Published

2022-05-27

How to Cite

Vania Shafa Meidina, & Maulana Arif. (2022). PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA MENGENAI BAHAYA SERTA UPAYA PENGURANGAN SAMPAH PLASTIK PADA INSTITUT PEMULIHAN DAN PERLINDUNGAN SUNGAI, DUSUN.KRAJAN, DESA WRINGINANOM RT01 RW05, WRINGINANOM GRESIK. Prosiding Patriot Mengabdi, 1(01), 231-236. Retrieved from https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/spm/article/view/99

Issue

Section

Articles