PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN CARA PENGGUNAAN MEDIA SOSISAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI TERHADAP UMKM KERIPIK TELO
Abstract
Pengabdian ini bertujuan memberikan dukungan kepada UMKM Keripik Telo Desa Sajen,
Kec. Pacet, Kab. Mojokerto dalam mengoptimalkan potensi perdagagangan elektronik (e-
commerce) dan memperkuat keberadaannya melalui media sosial. Dalam metodelogi
pengabdian, melibatkan tahapan persiapan, diskusi, pendampingan pembuatan produk,
pembuatan akun e-commerce dan sosial media, Pelatihan foto produk, pengelolaan e-
commmerce, serta pendampingan di platfroom martketplace dan media sosial. Hasil kegiatan
mencakup peningkatan pengetahuan mitra mengenai strategi pemasaran online, perluasan
sasaran pasar dan peningkatan omset penjualan produk UMKM “Keripik Telo Asa”. E-
commerce dan media sosial terbukti menjadi alat efektif untuk meningkatkan kesadaran merk,
memperluas jangkauan pemasaran, dan meningkatkan efisiensi pemasaran online. Dengan
demikian, pengabdian ini memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kemajuan
UMKM keripik telo aza desa sajen dalam menghadapi tantangan era perdagangan digital.