UPAYA PENGOPTIMALAN UMKM DALAM MENGHADAPI ERA PEMASARAN DIGITAL TERHADAP UMKM JAMU TOMBO ROGO DUSUN TRECEH KECAMATAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO
Keywords:
UMKM Lokal, Media Sosial, Pemasaran Digital.Abstract
Dusun Treceh merupakan sebuah Dusun yang berada di Kabupaten Mojokerto yang
terkenal dengan banyak UMKM tradisionalnya salah satunya yaitu “Jamu Tombo
Rogo”. Rasa rempah yang khas dan manfaat sebagai bahan utamanya membuat minuman
ini sangat digemari. Tuntutan ekonomi membuat masyarakat Dusun Treceh mencoba
peruntungan dalam mengikuti persaingan pasar dengan membuat dan memasarkan
produk lain untuk bertahan di tengah tekanan ekonomi. Salah satu UMKM di Dusun
Treceh ini melakukan sesuatu yang berbeda: salah satu dari sekian banyak usaha mikro
dan kecil yang dapat menunjang perekonomian masyarakat kecil dan tetap setia serta
terus mengelola dan berproduksi dengan tetap menjaga cita rasa. Ada kendala dalam
memasarkan produk tersebut, apalagi di era digitalisasi saat ini. Akibatnya, UMKM
membutuhkan bantuan dalam menjalankan usahanya. Mahasiswa KKN R17 Kelompok
2 Sosial Pendidikan dalam kegiatan KKN ini memberikan solusi dengan memberikan
pengabdian kepada pemilik UMKM “Jamu Tombo Rogo” dan pelatihan mengenai
pembuatan Website dan mengaktifkan Google Maps dalam pemasaran digital.