PENINGKATAN PRODUKTIVITAS UMKM KERUPUK PULI MELALUI RE- BRANDING & DIGITAL MARKETING KECAMATAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO

Authors

  • Farah Zahila Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Carendy Indrawan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ruth Yunita Putri Sianipar Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Siti Muhimatul Khoiroh Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

UMKM kerupuk puli, Produktivitas, Re-branding, digital marketing

Abstract

Desa Kesimantengah, yang terletak di Kecamatan Pacet, Mojokerto, merupakan desa
yang kaya akan potensi alam, terutama dalam hal sumber daya alam dan pertanian.
Salah satu UMKM yang ada di Desa Kesimantengah adalah Kerupuk Puli. Terdapat
beberapa permasalahan yang ditemulan pada UMKM kerupuk puli di Desa
Kesimantengah, salah satunya yaitu UMKM yang pemasarannya kurang memadai,
pengemasan yang kurang efektif, pelayanan yang kurang dan alat yang digunakan
untuk pengemasan masih menggunakan alat sederhana. Upaya peningkatan

produktivitas UMKM kerupuk puli di Desa Kesimantengah dilakukan dengan re-
branding, dengan pembaharuan packaging dan logo kerupuk puli serta penambahan

variasi rasa dari kerupuk puli; dan digital marketing, dengan pembuatan akun media
sosial Instagram dan marketplace Shopee. Selain itu diberikan juga alat sealer press
yang bisa membantu dalam mempersingkat proses dari produksi. Perubahan ini
dilakukan dengan tujuan untuk memajukan produk UMKM Kerupuk Puli agar dapat
dikenal lebih luas.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Farah Zahila, Carendy Indrawan, Ruth Yunita Putri Sianipar, & Siti Muhimatul Khoiroh. (2024). PENINGKATAN PRODUKTIVITAS UMKM KERUPUK PULI MELALUI RE- BRANDING & DIGITAL MARKETING KECAMATAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO. Prosiding Patriot Mengabdi, 3(01), 1104-1112. Retrieved from https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/spm/article/view/4010