PELATIHAN PEMANFAATAN PLATFORM E-COMMERCE DAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KERIPIK PISANG ALAMI ALAMI DI DESA BAKALAN

Authors

  • Dandi Putra Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Alfano Utomo Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Yoga Dwi Pratama Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Nara Garini Ayuningrum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

e-commerce, media sosial, penjualan, peningkatan penjualan

Abstract

Dalam era teknologi yang terus berkembang, berdagang secara online menjadi suatu keharusan,
mengingat keterbatasan waktu dan jangkauan pasar yang hanya dapat diatasi oleh e-commerce dan
sosial media. Kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Kesono, Kabupaten Mojokerto, membawa fokus
pada pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dalam survei awal, teridentifikasi
permasalahan UMKM di Desa Bakalan, Kecamatan Gondang. Sebagai respons, program pengabdian
ini dirancang untuk memberikan bantuan kepada mitra desa, terutama UMKM Keripik Pisang Alami
alami milik Bapak Ulum. Perencanaan program melibatkan pendekatan pemanfaatan teknologi,
termasuk pembuatan toko online dan penguasaan strategi promosi melalui media sosial. Bapak Ulum,
pemilik UMKM Keripik Pisang Alami, menghadapi kendala dalam perluasan pasar dan kurangnya
pengenalan bisnisnya kepada masyarakat. Dalam metode pelaksanaan yang tim gunakan, tim
menggunakan metode pelaksanaan mulai dari observasi terhadap beberapa UMKM di desa Bakalan ,
melihat kendala apa saja yang terjadi di UMKM desa Bakalan, lalu selanjutnya adalah melakukan
koordinasi kepada mitra pilihan tim yaitu UMKM Keripik pisang alami dan juga tim pengabdian R14.
Setelah melakukan koordinasi, tim melakukan jadwal pelaksanaan mulai dari jadwal sosialisasi dibalai

1014

desa dengan beberapa UMKM yang ada didesa Bakalan dan juga jadwal pendampingan dengan UMKM
Keripik Pisang Alami. Tidak lupa juga tim memberikan pelatihan pada mitra berupa demonstrasi
packaging untuk pengiriman ekspedisi dengan cakupan yang lebih luas. Dalam mengambil data
evaluasi kegiatan, tim menggunakan pengambilan data menggunakan kuesioner. Kuesioner dibagikan
sebelum acara kegiatan dimulai (pretest) dan sesudah acara kegiatan (posttest) akan tetapi dalam isi
kuesioner ini diberikan pertanyaan yang sama yaitu kuesioner pretest dan posttest. Dan tidak lupa tim
juga melakukan pendampingan secara mandiri terhadap mitra pilihan tim yaitu UMKM Keripik Pisang
Alami alami. Melalui pelaksanaan program, pengabdian ini bertujuan memberikan solusi efektif dengan
memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan penjualan dan keberlanjutan bisnis UMKM. Selain itu,
komitmen tim pengabdi melibatkan edukasi kepada mitra tentang pembuatan marketplace dan strategi
promosi melalui sosial media. Dari hasil sosialisasi dan pelatihan terhadap UMKM yang ada di desa
Bakalan tim melihat adanya perubahan yang signifikan sebelum adanya sosialisasi dan sesudah
sosialisasi sebesar 10% dalam peningkatannya, serta adanya peningkatan jumlah followers media sosial
TikTok terhadap akun milik mitra kami yaitu UMKM Keripik Pisang Alami Alami. Luaran yang
dihasilkan adalah rekayasa sosial, buku panduan, dan juga peningkatan jumlah followers sosial media
TikTok.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Dandi Putra, Alfano Utomo, Yoga Dwi Pratama, & Nara Garini Ayuningrum. (2024). PELATIHAN PEMANFAATAN PLATFORM E-COMMERCE DAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KERIPIK PISANG ALAMI ALAMI DI DESA BAKALAN. Prosiding Patriot Mengabdi, 3(01), 1013-1028. Retrieved from https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/spm/article/view/3955