PELATIHAN DESIGN KEMASAN LOGO PRODUK DALAM STRATEGI PENINGKATAN PEMASARAN SELURUH MITRA UMKM

Authors

  • Muhamad Aji Pratama Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ali Sri Majid Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Katarina Klaudia Indriani Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

UMKM, Pelatihan, Desain, Logo dan Kemasan

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik dan penjualan produk Mitra
UMKM di Desa Jatidukuh, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto melalui pelatihan
desain logo dan kemasan. Program Kuliah Kerja Nyata Universitas 17 Agustus 1945
Surabaya dilaksanakan dengan kolaborasi antara mahasiswa dan Lembaga Penelitian dan
Pengabdian Masyarakat (LPPM). Desa Jatidukuh, yang mayoritas penduduknya bekerja di
sektor pertanian dan perdagangan, memiliki Mitra UMKM yang belum dikenal secara luas,
menyebabkan penurunan penjualan. Dalam mengatasi permasalahan ini, mahasiswa
menyelenggarakan pelatihan dengan fokus pada penerapan desain logo modern dan
kemasan yang menarik. Metode pelaksanaan melibatkan survey lokasi, penandatanganan
kesepakatan dengan kepala desa, dan pelatihan langsung di rumah mitra UMKM. Materi
pelatihan mencakup penerapan desain logo modern, kunci sukses dalam kemasan dan logo,
cara pembuatan logo yang menarik, desain yang sederhana, dan kemasan yang sesuai
dengan makna logo. Program ini dijadwalkan selama 12 hari dengan intensitas penuh dalam
satu hari, berlokasi di Balai Desa Jatidukuh. Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan
ketertarikan masyarakat terhadap produk Mitra UMKM dan secara positif memengaruhi
penjualan di wilayah tersebut.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Muhamad Aji Pratama, Ali Sri Majid, & Katarina Klaudia Indriani. (2024). PELATIHAN DESIGN KEMASAN LOGO PRODUK DALAM STRATEGI PENINGKATAN PEMASARAN SELURUH MITRA UMKM. Prosiding Patriot Mengabdi, 3(01), 749-756. Retrieved from https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/spm/article/view/3880