MEMBRANDING TEMPAT WISATA LOKAL BUKIT SEMAR DI MEDIA

Authors

  • Ach Al Abror Safaruddin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Abdullah Awwad Al Alim Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Dimas Ida Saputra Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Wisata Lokal, Branding, Bukit Semar, Media

Abstract

Abstrak. Pariwisata merupakan sektor unggulan dalam pembangunan suatu negara. Pariwisata
telah mengalami ekspansi dan diversifikasi berkelanjutan, dan telah menjadi salah satu yang
terbesar dan paling cepat berkembang sektor ekonomi di dunia. Indonesia yang kaya akan
destinasi wisata sudah seharusnya untuk memanfaatkan hal ini guna membangun perekonomian
negara. Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan pengembangan desa Dilem yang inovatif
berupa membranding tempat wisata dan pro dimedia. Inovasi produk ini diharapkan bukan
hanya meningkatkan daya saing, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap
pemberdayaan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi lokal. Metode pelaksanaan kegiatan
pengabdian di Desa Dilem dilakukan dengan cara observasi lapangan, survey lokasi dan
pelatihan teknik pengambilan gambar serta pelatihan media digital kepada warga Desa Dilem.
Berdasarkan temuan penelitian ini tentang membranding tempat wisata lokal Bukit
Semar di media. Upaya membranding tempat wisata lokal Bukit Semar di media diharapkan
dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat lokal dan meningkatkan
eksistensi wisata disekitar desa Dilem. Sebagaimana diketahui bahwa di Desa Dilem banyak
sekali penduduk yang berasal dari luar kota. Oleh karena itu, kami selaku mahasiswa melakukan
pengabdian di Dilem, Mojokerto melalui pemasaran wisata, insight media sosial, serta melalui
digital marketing.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Ach Al Abror Safaruddin, Abdullah Awwad Al Alim, & Dimas Ida Saputra. (2024). MEMBRANDING TEMPAT WISATA LOKAL BUKIT SEMAR DI MEDIA. Prosiding Patriot Mengabdi, 3(01), 613-621. Retrieved from https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/spm/article/view/3865