PEMBERDAYAAN UMKM – PEMBUATAN AKUN DAN PELATIHAN E-COMMERCE

Authors

  • Elisya Wahyuningtiyas Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Fakhrur Rozi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Rivan Duta Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

UMKM, e-commerce, marketplace, pelatihan

Abstract

Program pengabdian masyarakat tentang pemberdayaan umkm-pembuatan akun dan pelatihan e-
commerce bertujuan memberdayakan UMKM di daerah setempat melalui pemanfaatan teknologi

digital khususnya e-commerce. Kegiatan utama program ini adalah membantu UMKM membuat
akun e-commerce di marketplace populer seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dll. Selain itu,
program ini juga melatih UMKM agar mampu mengelola sendiri aku e-commercenya. Pelatihan
dilakukan secara bertahap mulai dari dasar-dasar penggunaan marketplace e-commerce, cara
upload produk, hingga strategi promosi yang efektif. Peserta pelatihan yaitu para pelaku UMKM
Desa Dilem yang selama ini menjalankan usaha secara konvensional. Harapan setelah mengikuti
program ini, UMKM Desa Dilem dapat go digital dan memasarkan produknya tidak hanya secara
konvensional tapi juga memanfaatkan marketplace online untuk memasarkan produknya lebih
luas. Dampak yang diharapkan dari program ini antara lain peningkatan omzet penjualan UMKM
ke ranah nasional bahkan internasional hingga peningkatan kesejahteraan pelaku UMKM itu
sendiri. Program pemberdayaan UMKM melalui pemanfaatan e-commerce ini diyakini dapat
mendorong pertumbuhan ekonomi Desa Dilem seerta meningkatkan kemandirian pelaku UMKM
dalam mengelola usahanya.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Elisya Wahyuningtiyas, Fakhrur Rozi, & Rivan Duta. (2024). PEMBERDAYAAN UMKM – PEMBUATAN AKUN DAN PELATIHAN E-COMMERCE. Prosiding Patriot Mengabdi, 3(01), 602-612. Retrieved from https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/spm/article/view/3864