OPTIMALISASI POTENSI UMKM WARUNG KOPI MELALUI PENDEKATAN INOVATIF
Keywords:
Pengabdian masyarakat, UMKM, EkonomiAbstract
Pengabdian masyarakat merupakan bentuk tindakan atau pergerakan dari mahasiswa kepada
masyarakat, dengan turun langsung ke lokasi dimana mitra bertempat, kegiatan yang harus
dilaksanakan oleh banyak mahasiswa atau individu untuk menerapkan pengetahuan yang
telah ditempuh atau dipelajari selama di bangku kuliah, penyuluhan mengenai tujuan dari
Pengabdian masyarakat ini guna membangkitkan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan
Mengengah) yang ada, memupuk kembali semangat mitra atau produsen agar mampu
berkembang dalam berwirausaha diera digitalisasi ini, di zaman sekarang atau di era yang
semua serba online produsen harus dapat bersaing dengan produsen lainnya, dengan adanya
program Pengabdian masyarakat ini salah satu strategi yang akan diterapkan yakni digital
marketing, dengan begitu produsen dapat memasarkan dengan praktis dan minim biaya,
harga pasar yang semakin kondusif, dan kebangkitan ekonomi yang dimulai dari kegiatan
berjual beli yang melibatkan masyarakat kecil menengah dan merambah masyarakat lainnya
menjadi tujuan Pengabdian masyarakat ini, agar perekonomian yang sempat terhenti dapat
Kembali secara berangsur- angsur. Perkembangan bisnis yang ada di indonesia semakin pesat
tentunya akan muncul persaingan bisnis ketat terutama di sektor UMKM.