PENGAJARAN TPQ DENGAN METODE INTERAKTIF

Authors

  • Diva Nur Iman Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Syarif Hidayatullah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Akmal Nabil Ardhana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Pendidikan anak usia dini di Taman Pendidikan Quran (TPQ) memiliki peran krusial dalam membentuk
karakter dan keimanan generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mendokumentasikan pengalaman
mengajar di TPQ dengan fokus pada penggunaan metode kreatif untuk memperkaya pembelajaran anakanak. Metode penelitian yang digunakan melibatkan observasi partisipatif, wawancara dengan guru, dan
analisis reflektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode kreatif, seperti permainan
edukatif, dongeng interaktif, dan seni, efektif dalam menarik perhatian anak-anak dan meningkatkan
pemahaman mereka terhadap ajaran Quran. Pendekatan ini tidak hanya memberikan pemahaman teoritis,
tetapi juga memberikan pengalaman langsung yang memperkaya pengalaman belajar anak-anak. Selain
itu, interaksi sosial dalam pembelajaran kelompok di TPQ juga menjadi faktor penting dalam
pembentukan nilai-nilai sosial dan kerjasama di antara peserta didik. Guru-guru TPQ memiliki peran
sentral dalam menciptakan lingkungan yang aman, mendukung, dan penuh inspirasi, yang memotivasi
anak-anak untuk aktif belajar dan mengembangkan kreativitas mereka. Penelitian ini memberikan
kontribusi bagi pengembangan metode pengajaran di TPQ dan lembaga serupa dengan menekankan
pentingnya pendekatan kreatif dan interaktif dalam membangun pondasi keimanan anak-anak. Selain itu,
temuan ini juga dapat menjadi inspirasi bagi pengembangan kurikulum pendidikan anak-anak usia dini
dengan pendekatan holistik yang melibatkan aspek kognitif, emosional, dan sosial

Downloads

Published

2024-05-02

How to Cite

Diva Nur Iman, Syarif Hidayatullah, & Akmal Nabil Ardhana. (2024). PENGAJARAN TPQ DENGAN METODE INTERAKTIF. Prosiding Patriot Mengabdi, 3(01), 203-207. Retrieved from https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/spm/article/view/3784

Most read articles by the same author(s)