Pelatihan Video Profil dan Pengelolaan Media Sosial Sebagai Kunci Sukses Meningkatkan Daya Tarik dan Pendapatan Bisnis Kuliner Lokal.

Authors

  • Wahyu Arpa Ramayanti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Rizky Romadhona Aisyah Syafidah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Elis Viranda Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Video, media, evaluasi

Abstract

Video profil merupakan data mengenai situasi suatu daerah dengan cara yang kreatif dan inovatif
untuk beragam tujuan yang dapat disampaikan dengan lebih jelas, terutama sebagai pangsa pasar media
digital yang sedang tren sekarang ini. Kegiatan ini bertujuan untuk: (a) Mengiklankan Desa Pohjejer melalui
video yang menampilkan pujasera desa yang telah diunggah ke situs web desa; (b) Membentuk kemitraan
dengan organisasi di wilayah tersebut yang terlibat dalam pembuatan video profil desa untuk memastikan
Kerja sama yang baik antara media dan mitra organisasi; (c) Membuat video profil masyarakat desa dari
kegiatan bakti sosial. Pengabdian masyarakat ini meliputi pemaparan teori produksi video, pelatihan
fotografi, serta pelatihan editing gambar dan video. Melakukan suatu kegiatan pengabdian terdiri dari tiga
langkah.
Satu langkah awal adalah tahap persiapan. Pada tahapan ini, tim pengabdi bekerja dengan melakukan
survei di lapangan sebagai langkah pertama untuk mengamati situasi awal dalam proses pembuatan video
yang memaparkan profil kampung yang melibatkan partisipasi masyarakat. Pada bagian ini, juga diberikan
solusi dan cara mengatasi masalah yang dihadapi oleh masyarakat dalam meningkatkan keterampilan
mereka dalam pembuatan video profil desa. Langkah selanjutnya adalah pelaksanaan tindakan pengabdian
tersebut. Saat ini, para anggota tim sedang melaksanakan proses pelatihan untuk menghasilkan video profil
Desa Pohjejer. Pada akhirnya, tahap terakhir adalah proses penilaian.

Downloads

Published

2024-05-02

How to Cite

Wahyu Arpa Ramayanti, Rizky Romadhona Aisyah Syafidah, & Elis Viranda. (2024). Pelatihan Video Profil dan Pengelolaan Media Sosial Sebagai Kunci Sukses Meningkatkan Daya Tarik dan Pendapatan Bisnis Kuliner Lokal. Prosiding Patriot Mengabdi, 3(01), 41 - 46. Retrieved from https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/spm/article/view/3763

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.