PENGEMBANGAN UMKM MEUBEL BERBASIS DIGITAL MARKETING DALAM SEKTOR EKONOMI KREATIF PADA DESA KERTOSARI

Authors

  • Ayuni Wulandari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Dewa Ananda Medy Pratama Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Kornelia Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Krisna Maulana Pratama Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muhammad Bahruddin Faqih Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Supriatun Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Wanda Ula Maroturizky Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Wiwik Sugiarti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Widiyatmo Ekoputro Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Ekonomi kreatif di Indonesia akan menjadi tulang punggung ekonomi di masa depan yang
semakin kuat dan diperhitungkan sebagai kekuatan ekonomi inklusif. Sehingga pengembangan
ekonomi kreatif harus terus dipacu agar menjadi sektor yang futuristik, tumbuh lebih cepat, lebih besar
dan maju. Di era 4.0 pengalaman konsumen ditempatkan sebagai fokus utama, penggabungan teknologi
dan kecerdasan buatan untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih personal dan menyeluruh.
Desa Kertosari merupakan salah satu yang telah memiliki 138 lembaga ekonomi. Membuktikan
besarnya potensi besar dalam mengembangkan perekonomian lokal khusunya bagi pelaku UMKM.
Dalam upaya untuk meningkatkan daya saing dan memperluas jangkauan pasar, pelaku UMKM
889
tersebut berkeinginan memperbaiki strategi pemasaran yang dahulunya masih dilakukan secara
tradisional, kini akan dilakukan secara modern, salah satunya dengan menggunakan e-commerce.
Berlatar potensi besar yang ada pada UMKM di Desa Kertosari tersebut, akan disediakan pelatihan
dan pendampingan komperhensif secara langsung mengenai penggunaan dan pengelolaan ecommerce, serta penentuan langkan strategi pemasaran online yang sesuai dengan karakteristik
UMKM. Diawali dengan pemberian pre-post test sederhana dan brosur pentingnya e-commerce
diharapkan dapat turut menunjang percepatan pemahaman pelaku UMKM dalam mengoptimalkan
strategi pemasaran produknya menggunakan e-commerce shopee agar produk UMKM dapat
menjangkau pasar secara signifikan, mencapai konsumen potensial di berbagai wilayah, bahkan di
luar daerah lokal produk dihasilkan.
Kata kunci : Strategi Pemasaran; Digital Marketing; E-Commerce; Sosial Media; UMKM

Downloads

Published

2023-08-20

How to Cite

Ayuni Wulandari, Dewa Ananda Medy Pratama, Kornelia, Krisna Maulana Pratama, Muhammad Bahruddin Faqih, Supriatun, Wanda Ula Maroturizky, Wiwik Sugiarti, & Widiyatmo Ekoputro. (2023). PENGEMBANGAN UMKM MEUBEL BERBASIS DIGITAL MARKETING DALAM SEKTOR EKONOMI KREATIF PADA DESA KERTOSARI. Prosiding Patriot Mengabdi, 2(01), 888-896. Retrieved from https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/spm/article/view/2974

Most read articles by the same author(s)