PENGEMBANGAN POTENSI DESA GUNA MENINGKATKAN TARAF PEREKONOMIAN WARGA DESA KEMASANTANI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Strategi Pemasaran Online yang
Efektif. Melalui kegiatan pengabdian, tujuan lainnya adalah mengembangkan strategi
pemasaran online yang efektif bagi olahan perkebunan, khususnya Kerupuk Samiler.
Masyarakat akan diberikan pembekalan mengenai penggunaan media sosial, platform ecommerce, dan teknik branding untuk memasarkan produk secara online. Dengan adanya
strategi pemasaran online yang baik, diharapkan produk buah olahan dari Desa Kemasantani
dapat dijangkau oleh pasar yang lebih luas, baik di tingkat lokal, nasional, maupun
internasional. Dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pendekatan branding
dalam pengolahan produk buah serta mengoptimalkan pemasaran online, diharapkan dapat
menciptakan peluang usaha dan meningkatkan daya saing produk buah olahan dari Desa
Kemasantani. Peningkatan pemahaman tentang pentingnnya hak cipta suatu produk
peningkatan ini bermaksud untuk membuat para pembuat produk lokal dalam mengatasi
bagaimana memahami sistem legislatif pemasaran suatu produk untuk masuk ke pasar lokal
atau pasar online yang dimana meningkatkan peluang berkembangnya suatu usaha lokal
dapat berkembang lebih jauh lagi dalam sistem pemasaran di indonesia bukan hanya stuck di
ruang lingkup desa saja.
Kata Kunci: Potensi, desa, pengembangan, UMKM