PENGEMBANGAN PRODUK UMKM DESA KALIKATIR SEBAGAI WUJUD DARI IKON DESA BERBASIS POTENSI LOKAL
Abstract
Abstrak. Program pengabdian masyarakat ini didasari karena ingin adanya bukti nyata pengabdian
kepada masyarakat dari mahasiswa Universitas 17 Agustus Surabaya ke Desa Kalikatir. Dimana
melalui program tersebut salah satunya ingin meningkatkan penjualan melalui pemasaran digital
yang ditujukan bagi UMKM yang ada di Desa Kalikatir Kecamatan Gondang. Saat ini pemasaran
dan penjualan hasil produk UMKM di Desa Kalikatir masih dilakukan secara tatap muka dan dari
mulut ke mulut. Metode ini belum optimal dalam penyampaian informasi karena promosi yang
dilakukan kurang menjangkau masyarakat yang berada jauh dari lokasi penjualan. Dalam upaya
meningkatkan daya saing industri makanan di Desa Kalikatir maka program kerja ini dilakukan
dengan tujuan untuk melakukan perancangan dan pembaruan kemasan produk UMKM kripik
pisang yang ada di desa Kalikatir, Gondang, Mojokerto. Selain itu, adanya pengembangan pada
varian rasa pada produk keripik pisang. Melalui permasalahan- permasalahan tersebut peneliti
berniat untuk menjalankan program pengabdian berupa Pengembangan Produk UMKM Desa
Kalikatir Sebagai Strategi Pemasaran Produk keripik pisang.
Kata Kunci: Produk, UMKM, Potensi Lokal