Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Memasaran Dan penjualan Produk UMKM Desa Ekonomi Kreatif 2

Authors

  • Alif Cahya Sakti
  • Arindi Meicerlien Qurotul Aini
  • rya AWirayudha
  • Faizal Zein
  • Muhammad Maullana Arifin
  • Yulsa Aldi Pratama

Abstract

Pengusaha kripik atau UMKM di Desa Dilem sebenarnya sudah membawa produknya ke pasar online dengan melalui menggunakan akses internet dan media sosial sebagai pengenalan atau penjualan barang, seperti WA dan Facebook. Tetapi terdapat permasalahan kurangnya akses pemasaran yang lebih luas dan berdampak pada kurangnya masyarakat mengenali produknya. Kurangnya masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produknya, Setelah berhasil memanfaatkan aplikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan penjualan keripik dan dapat mengenalkan desa Dilem lebih luas lagi melalui media sosial dan jika menekuni menjadi konten kreator dapat menjadikan lahan pendapatan terbaru melalui sosial media.

Tujuan dari kegiatan kelompok Ekraf 2 adalah memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk kripik UMKM desa dilem, membantu memajukan perekonomian desa serta menyadarkan akan reformasi pemasaran berbasis teknologi digital. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan cara observasi dan wawancara lapangan Bersama dengan kepala desa dan ketua UMKM di desa Dilem, kecamatan Goindang, kabupaten Mojokerto. Hasil dari kegiatan pengabdian menunjukan bahwa setelah diberikan pendampingan serta contoh nyata dari konsep pemasaran berbasis digitalisasi.

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Alif Cahya Sakti, Arindi Meicerlien Qurotul Aini, rya AWirayudha, Faizal Zein, Muhammad Maullana Arifin, & Yulsa Aldi Pratama. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Memasaran Dan penjualan Produk UMKM Desa Ekonomi Kreatif 2. Prosiding Patriot Mengabdi, 2(01), 188-197. Retrieved from https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/spm/article/view/2839