MEMBANGKITKAN POTENSI UMKM MELALUI DIGITALISASI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI DESA WONOSARI, KABUPATEN PASURUAN
Abstract
Desa Wonosari merupakan Desa yang terletak pada Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Desa tersebut memiliki cukup banyak penduduk dan tidak sedikit pula dari mereka yang memiliki Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), alasan yang mendasari tidak sedikitnya unit UMKM di Desa ini adalah karena desa ini berlokasi kawasan agrowisata dan wisata budaya. Sehingga mereka memahami peluang bisnis yang ada di wilayah mereka. Namun, tidak sedikit pula dari mereka yang masih belum memahami tentang pentingnya memberikan sebuah identitas bagi produk mereka. Selain itu, memasarkan barang/produk secara konvensional juga masih diterapkan di daerah ini. Padahal, dengan adanya media komunikasi saat ini, kemudahan dalam melakukan segala harusnya sudah diketahui oleh masyarakat umu, contohnya adalah memasarkan produk melalui media sosial atau pun Marketplace. Karena dengan dua media itu saja kita dapat memasarkan produk secara mudah dan tentunya lebih menghemat biaya dan waktu. Selain itu, cakupan dari pemasaran digital lebih luas dan mudah dijangkau oleh seluruh orang dibandingkan dengan pemsaran secara konvensional. Yang jadi permasalahan adalah bukan karna para penduduknya enggan melakukan hal tersebut, sebenarnya mereka juga ingin mencoba melakukan pemsaran secara digital agar produk mereka lebih dikenal dan jangkauan pemasarannya lebih luas. Namun, kendala terbesar mereka adalah tidak sepenuhnya memahami konsep dan sistem penjualan melalui marketplace. Oleh karena itu, pelaksana melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tujuan untuk memberi edukasi dan pemahaman perihala apa pentingnya sebuah branding dalam produk dan apa manfaat dari adanya digitalisasi pemasaran, dengan harapan UMKM di Desa Wonosari ini semakin berkembang dan memunculkan usaha-usaha baru untuk Desa ini.
Kata Kunci: UMKM, Branding, Pemasaran, Digital)