MEMBANGKITKAN POTENSI UMKM MELALUI DIGITALISASI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI DESA WONOSARI, KABUPATEN PASURUAN

Authors

  • Rizqy Afrizal Dwi Ananda Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Akta Ririn Aristawati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Desa Wonosari merupakan Desa yang terletak pada Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan,  Jawa Timur. Desa tersebut memiliki cukup banyak penduduk dan tidak sedikit pula dari mereka yang  memiliki Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), alasan yang mendasari tidak sedikitnya unit  UMKM di Desa ini adalah karena desa ini berlokasi kawasan agrowisata dan wisata budaya. Sehingga  mereka memahami peluang bisnis yang ada di wilayah mereka. Namun, tidak sedikit pula dari mereka  yang masih belum memahami tentang pentingnya memberikan sebuah identitas bagi produk mereka.  Selain itu, memasarkan barang/produk secara konvensional juga masih diterapkan di daerah ini.  Padahal, dengan adanya media komunikasi saat ini, kemudahan dalam melakukan segala harusnya  sudah diketahui oleh masyarakat umu, contohnya adalah memasarkan produk melalui media sosial  atau pun Marketplace. Karena dengan dua media itu saja kita dapat memasarkan produk secara  mudah dan tentunya lebih menghemat biaya dan waktu. Selain itu, cakupan dari pemasaran digital  lebih luas dan mudah dijangkau oleh seluruh orang dibandingkan dengan pemsaran secara  konvensional. Yang jadi permasalahan adalah bukan karna para penduduknya enggan melakukan hal  tersebut, sebenarnya mereka juga ingin mencoba melakukan pemsaran secara digital agar produk  mereka lebih dikenal dan jangkauan pemasarannya lebih luas. Namun, kendala terbesar mereka  adalah tidak sepenuhnya memahami konsep dan sistem penjualan melalui marketplace. Oleh karena  itu, pelaksana melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tujuan untuk memberi edukasi dan  pemahaman perihala apa pentingnya sebuah branding dalam produk dan apa manfaat dari adanya  digitalisasi pemasaran, dengan harapan UMKM di Desa Wonosari ini semakin berkembang dan  memunculkan usaha-usaha baru untuk Desa ini. 

Kata Kunci: UMKM, Branding, Pemasaran, Digital)

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Ananda, R. A. D. ., & Akta Ririn Aristawati. (2022). MEMBANGKITKAN POTENSI UMKM MELALUI DIGITALISASI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI DESA WONOSARI, KABUPATEN PASURUAN. Prosiding Patriot Mengabdi, 1(02), 588-592. Retrieved from https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/spm/article/view/1740

Issue

Section

Articles