PENGUATAN CITRA DESTINASI DESA BUDAYA PAMPANG MELALUI STRATEGI EVENT MANAGEMENT DAN DIGITAL MARKETING UNTUK PARIWISATA BRRKELANJUTAN

Authors

  • Rina Masithoh Haryadi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
  • Astrid Napita Sitorus Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
  • Taghfirul Azima Yoga Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Zilfana Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
  • Andhika Lie

Keywords:

budaya pampang, manajemen event, digital marketing, citra destinasi, pariwisata berkelanjutan

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan memperkuat citra Desa Budaya Pampang sebagai destinasi wisata budaya berkelanjutan melalui penerapan strategi manajemen event dan pemasaran digital. Desa Budaya Pampang, yang kaya akan tradisi dan budaya Dayak, menghadapi tantangan dalam mempertahankan daya tarik wisata secara berkelanjutan tanpa mengorbankan nilai budaya lokal. Beberapa masalah utama termasuk minimnya informasi untuk pengunjung, kurangnya variasi atraksi budaya, dan ketidakadaan portal pemasaran digital. Pendekatan partisipatif yang melibatkan masyarakat lokal melalui Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) digunakan untuk merancang solusi, seperti pelatihan pelayanan prima bagi penari, pengadaan papan informasi, dan pembuatan portal digital. Dengan strategi branding destinasi yang berkelanjutan, Desa Budaya Pampang berupaya meningkatkan daya tarik wisata secara autentik dan profesional, serta mendukung interaksi digital antara wisatawan dan pengelola untuk pengalaman yang berkesan

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Rina Masithoh Haryadi, Astrid Napita Sitorus, Taghfirul Azima Yoga, Zilfana, & Andhika Lie. (2024). PENGUATAN CITRA DESTINASI DESA BUDAYA PAMPANG MELALUI STRATEGI EVENT MANAGEMENT DAN DIGITAL MARKETING UNTUK PARIWISATA BRRKELANJUTAN. SEMINAR NASIONAL KONSORSIUM UNTAG SE INDONESIA, 45-52. Retrieved from https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/snkui/article/view/5322