PENGGUNAAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE UNTUK PENENTUAN PRIORITAS PENANGGULANGAN DAN PEMBERIAN BANTUAN BENCANA ALAM BERBASIS WEB

Authors

  • Muhammad Dika Abdul Rohman Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ery Sadewa Yudha Wrahatnala Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Rehabilitasi, Rekontruksi, Simple Multi Attribute Rating Technique

Abstract

Penanganan berbagai kejadian bencana alam di Kabupaten Mojokerto menjadi hal yang sangat penting terutama terkait dengan penentuan prioritas rehabilitasi dan rekonstruksi wilayah pasca bencana alam. Penentuan prioritas rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana alam dilakukan dengan pendekatan metodologi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk membantu menyelesaikan permasalahan dalam proses pengambiIan keputusan. Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) akan diterapkan untuk menentukan prioritas wilayah pada rencana aksi rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana alam karena kesederhanaannya pada proses perhitungan dalam pemilihan alternatif yang telah dirumuskan.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan sistem pengambilan keputusan dengan mengimplementasikan metoode smart untuk menentukan daerah di daerah Kabupaten Mojokerto yang terdampak bencana alam, sehingga proses evakuasi bencana akan cepat dan tepat sasaran. Untuk proses validasi pada penelitian ini dengan membandingkan hasil metode dengan data, fakta dan data kejadian yang pernah terjadi.

Downloads

Published

2022-10-08