SISTEM KEAMANAN KENDARAAN RODA DUA DENGAN FINGERPRINT DAN BLUETOOTH BERBASIS MIKROKONTROLER

Authors

  • Irfan Ari Sasongko Putra Teknik Elektro Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Subekti Yuliananda Teknik Elektro Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Bluetooth, Fingerprint, Keamanan, Mikrokontroller

Abstract

Pada saat ini masih sering terjadi kasus pencurian kendaraan bermotor roda dua dengan merusak kunci kontak, hanya dengan menggunakan kunci letter “T”. Hal ini menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pengendara pada saat parker atau meninggalkan kendaraan sesaat di suatu tempat. Dari kondisi seperti itu perlu pengembangan system keamanan kendaraan rada dua khususnya darikontak standart dengan kontak yang dapat dihidupkan dari fingerprint dan bluetooth dari handphone. Maka dibuat peneelitin ini dengan tujuan untuk mendapatkan tingkat system keamanan mengidupkan mesin kendaraan bermotor khususnya roda dua. Adapun hidup tidaknya mesin kendaraan bermotor roda dua ini tergantung data sidik jari yang masuk ke fingerprint atau data kode dari bluetooth yang sudah disimpan dalam unit Arduino uno R3 ATMega 328, jika data tersebut dibandingkan dan hasilnya sama maka kontak terhubung singkat, menyebabkan motor akan menyala, tetapi bila data tidak sama akan membunyikan alarm.

Hasil pengujian dari 10 percobaan saat data sidik jari pada fingerprint sama dengan data yang disimpan unit Arduino uno R3 ATMega 328 dilakukan pengujian sebanyak 90% mesin berhasil hidup, sedangkan dari 8 percobaan jika masukkan data kode dari blue tooth handphone 80% mesin berhasil hidup. Sedangkan jika merusak kunci dengan menggunakan alat tertentu mesin kendaraan roda dua tetap tidak dapat hidup.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menambahkan system keamanan kendaraan roda dua dengan fingerprint dan bluetooth handphone dapat meningkatkan keamanan dalam menghidupkan mesin kendaraan roda dua tersebut.

Downloads

Published

2022-10-08