PERAN MAHASISWA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI DAERAH 3T (TERTINGGAL TERLUAR, DAN TERDEPAN)

Authors

  • Andrian Tanzani Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30996/scfp.v1i1.742

Keywords:

Kampus Mengajar, Mahasiswa, SDN 013 Nunukan

Abstract

Abstrak.
Melalui program kampus mengajar yang merupakan rancangan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang melibatkan mahasiswa di setiap kampus dari berbagai latar belakang pendidikan yang berbeda untuk membantu proses pembelajaran di sekolah, khususnya pada jenjang Sekolah Dasar (SD) di seluruh Indonesia. Penempatan di daerah 3T (Tertinggal,Terluar, dan Terdepan) untuk membantu sekolah-sekolah yang belum begitu maju agar dapat berkembang dengan bantuan mahasiswa melalui program kampus mengajar. Program Kampus Mengajar ini juga mampu membantu mengoptimalisasi pendidikan Indonesia di masa pendemi Covid-19. Sesuai dengan tujuan utama program kampus mengajar yaitu : peningkatan literasi dan numerasi; adaptasi teknologi; dan manejerial administrasi sekolah. Melalui kegiatan ini juga dapat membantu mencegah Loss Learning pada siswa karena kurang maksimalnya pembelajaran khususnya daerah 3T sebagai akibat berlangsungnya pandemi Covid-19 yang sangat lama. Pada pelaksanaan program kampus mengajar di SD Negeri 013 Nunukan secara keseluruhan berlangsung dengan lancar dan sukses. Sehingga diharapkan program ini dapat terus berlangsung agar dapat membantu meningkatkan sektor pendidikan nasional di daerah 3T.


Kata Kunci: Kampus Mengajar; Mahasiswa; SDN 013 Nunukan

 

References

Budi Iriawan, Sandi, dan Asep Saefudin. (2021). Buku Saku Utama Program Kampus Mengajar Angkatan 1. Jakarta; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67-76.

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga ranah taksonomi bloom dalam pendidikan. EDISI, 2(1), 132-139.

Halal, Syah A.R.2020. Dampak Covid-19 Pada Pendidikan di Indonesia: (Sekolah, Keterampilan dan Proses Pembelajaran). Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. (Vol.7, No.5) 2020.

Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi pelaksanaan program kampus mengajar angkatan 1 terdampak pandemi covid-19. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38-47.

Hadiyati, Fatkhurahman, dan Bambang Suroto. (2017). Pelatihan Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Tenaga Pendidik Di SMP N 3 Kampar Kiri Tengah. DINAMISIA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1), 122-128

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Andrian Tanzani. (2022). PERAN MAHASISWA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI DAERAH 3T (TERTINGGAL TERLUAR, DAN TERDEPAN). PSHPM: Prosiding Seminar Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat , 1(1), 213-222. https://doi.org/10.30996/scfp.v1i1.742