PELATIHAN PEMBUATAN KALIBRATOR MIKRO OHM MENGGUNAKAN BUSBAR DI LABORATORIUM KALIBRASI MAHESWARA SURABAYA

Authors

  • Lince Markis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Totok Dewantoro Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30996/scfp.v1i1.712

Keywords:

Pengabdian Kepada Masyarakat, Pelatihan, Laboratorium Kalibrasi Maheswara Surabaya

Abstract

Abstrak. Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan keterampilan mandiri bagi anggota pada Laboratorium Kalibrasi Maheswara Surabaya. Pelatihan singkat ini bertujuan untuk membekali dengan skill yang cukup untuk dapat membuatĀ  kalibrator mikro ohm menggunakan busbar. Pembuatan kalibrator mikro ohm menggunakan busbar merupakan suatu keahlian praktis yang outputnya dapat dipakai langsung oleh mitra. Didunia industri penggunaan kalibrator mikro ohm ini sangat penting untuk melakukan pengujian apakah busbar yang digunakan disetiap panel kelistrikan memenuhi standar yang di tentukan oleh lembaga internasional kelistrikan. Dimana standar yang dipakai adalah dalam orde mikro ohm. Metoda dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah dengan melakukan pelatihan langsung secara praktis dengan tahapan sebagai berikut Melakukan pengenalan peralatan kalibrator mikro ohm, melakukan pengambilan data, melakukan akuisisi data, membuat buku tentang cara pembuatan dan pengujian kalibrator mikro ohm dan tanya jawab antara pelaksana pengabdian. Target yang telah dicapai pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah anggota mitra memiliki skill tentang desain, pembuatan dan produksi kalibrator mikro ohm menggunakan busbar.

Kata Kunci: pengabdian kepada masyarakat; pelatihan; laboratorium kalibrasi maheswara surabaya

References

Joulelin Yonatan Siallagan. (2021). Studi Kebutuhan Perencanaan Pemasangan Busbar Proteksi pada Gardu Induk Dumai PT PLN UPT Pekan Baru.

Taufiqurochman. (2017). Studi Pengamanan Busbar untuk Peralatan Penunjang PLTGU 950 MW Muara Tawar dengan Menggunakan Sistem Interlock Trip.

T.Tukiman. (2017). Rancang Busbar Perangkat Hubung.

Petra. Busbar di dalam perindustrian tenaga elektrik. http://dewey.petra.ac.id 20 Juli 2022.

Electrical Calibration Standards. https://www.rajshreeindustries.in

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Lince Markis, & Totok Dewantoro. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN KALIBRATOR MIKRO OHM MENGGUNAKAN BUSBAR DI LABORATORIUM KALIBRASI MAHESWARA SURABAYA. PSHPM: Prosiding Seminar Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat , 1(1), 64-68. https://doi.org/10.30996/scfp.v1i1.712