Pelatihan Media Interaktif dengan Aplikasi Pendukung Pengajaran Luring dan Daring di SDN Wonocolo 2 Sidoarjo

Authors

  • Yusrida Muflihah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Isrida Yul Arifiana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30996/scfp.v1i1.710

Keywords:

Media Pembelajaran, Mentimeeter, Wordwall, Media Interaktif

Abstract

Abstrak. Pandemi Covid19 memliki dampak pada pendidikan, khususnya dalam pembelajaran di kelas yang biasanya dilakukan secara luring bergeser menjadi secara daring. Kebiasaan siswa yang melakukan pembelajaran secara daring, memberikan efek ketergantungan terhadap teknologi dalam pembelajaran dan kemauan belajar siswa yang menurun. Untuk itu, guru dituntut memberikan pembelajaran yang lebih interaktif supaya siswa bersemangat untuk bersekolah secara langsung. Permasalahan tersebut juga dialami oleh mitra yaitu SDN Wonocolo 2 Sidoarjo. Berdasarkan identifikasi masalah di lapangan, guru membutuhkan media pembelajaran interaktif dan menarik guna mendukung proses pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah identifikasi, pelatihan dan pendampingan. Pelatihan diikuti oleh guru SDN Wonocolo 2 Sidoarjo dengan materi pembuatan media interaktif menggunakan Mentimeter dan Wordwall, setelah pelatihan diadakan evaluasi pembuatan media pembelajaran yang interaktif. Berdasarkan hasil pelatihan media interaktif diperoleh simpulan bahwa adanya pelatihan dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam menggunakan Mentimeter dan Wordwall.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Mentimeter,Wordwall, Media Interaktif

References

Herlawati, Nidaul Khasanah, F., & Sari, R. (2021). Pelatihan Mentimeter Sebagai Media Interaksi Dalam Pembelajaran Daring Pada SMAN 14 Bekasi. Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO), 1(1), 42–52. https://doi.org/10.31599/jucosco.v1i1.454

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275 281. Retrieved from https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2817/1853

Candi, N., Firdausi, A. Al, Zamani, A. F., & Rahma, A. A. (2021). Peran Pembelajaran Berbasis Gamifikasi – Ainna Al Firdausi, Aulia Farida Zamani, Azza Agustina Rahma 162, 6, 162–182.

Rahmi, L., & Angraina, D. (2021). Training on Utilization of Wordwall Media As Online- Based Learning Assessment for Elementary School Teachers 08 Supayang, 5(2), 144– 149.

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195.

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Yusrida Muflihah, & Isrida Yul Arifiana. (2022). Pelatihan Media Interaktif dengan Aplikasi Pendukung Pengajaran Luring dan Daring di SDN Wonocolo 2 Sidoarjo. PSHPM: Prosiding Seminar Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat , 1(1), 49-54. https://doi.org/10.30996/scfp.v1i1.710