PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BAKERY DAN KUE FALISHA KITCHEN BRATANG GEDE SURABAYA

Authors

  • Estik Hari Prastiwi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Sri Budi Kasiyati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • M Sihab Ridwan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30996/scfp.v1i1.706

Keywords:

Sosial Media Marketing, Bakery dan Kue, Strategi Pemasaran

Abstract

Abstrak. Masa pandemi Covid  yang telah berlangsung kurang lebih 2 tahun membawa perubahan pada masyarakat, dimana banyak masyarakat yang mengurangi kegiatan di luar rumah dengan melakukan kegiatan didalam rumah, hal tersebut mengakibatkan Ibu Trisna sebagai ibu  rumah tangga mengisi kegiatan dengan mengikuti kursus membuat bakery dan kue secara on line. Hasil praktek membuat kue dengan beberapa kali percobaan menghasilkan bakery dan kue yang sesuai dengan selera tetangga, saudara dan teman, sehingga banyak tetangga, saudara dan teman yang memesan bakery dan kue buatan bu Trisna menjadi pelanggan produk bakery bu Trisna. Informasi dari mulut ke mulut menjadi produk bakery lebih dikenal masyarakat.  Produk bakery bu Trisna yang menjadi favorit pelanggan antara lain pizza, Browies dan bolu jadul.

Peluang bisnis yang bagus untuk usaha bakery dan kue Bu Trisna untuk lebih dikenal masyarakat dengan memasarkan produknya lewat media sosial media marketing sehingga usaha Bu Trisna bisa berkembang lebih baik. Perilaku masyarakat yang lebih menyukai membeli secara on line daripada membeli secara langsung karena bisa menghemat waktu menjadi peluang yang bagus untuk mengembangkan usaha bakery dan kue Bu Trisna. Pelatihan dan pendampingan yang diberikan team Untag dapat memberikan pengetahuan kepada bu Trisna supaya mengembangkan pengetahuan tentang pemasaran on line, strategi pemasaran bisnis bakery dan kue berkembang lebih baik

Kata Kunci : Sosial Media Marketing; Bakery dan Kue; Strategi Pemasaran

References

Arora, A., Bansal, S., Kandpal, C., Aswani, R., & Dwivedi, Y. (2019). Measuring social media influencer index- insights from facebook, Twitter and Instagram. Journal of Retailing and Consumer Services, 49. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.03.012

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2).

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Jurnal Common, 3(1). https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Kaur Simerpreet, 2017, Sosial media marketing, Asian Journal of mulidimensional Research (AJMR), volume 5 issue 4

Asse, R. A. A. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank di Makassar). Jurnal Komunikasi, 7(2)

Zarella, D., & Zarella, A. (2011). The Facebook Marketing Update. In O’Reilly Media.

Dwivedi, Y. K., Kapoor, K. K., & Chen, H. (2015). Social media marketing and advertising. The Marketing Review, 15(3). https://doi.org/10.1362/146934715x14441363377999

Evan Dave and Jake Mckee, 2010, Sosial Media Marketing, Wiley Publising Inc

Hoffman, D. L., & Fodor, M. (2010). Can you measure the ROI of your social media marketing? MIT Sloan Management Review, 52(1).

Kotler, P. & K. L. Keller. (2011). Manajemen pemasaran jilid 1, edisi Ketiga belas, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

M. Saravanakumar , T.SuganthaLakshmi, 2012, Social Media Marketing, Life Science Journal 2012;9(4)

Muttaqin, Z. (2012). FACEBOOK MARKETING DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN MODERN. Teknologi, 1(2). https://doi.org/10.26594/teknologi.v1i2.63

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Estik Hari Prastiwi, Sri Budi Kasiyati, & M Sihab Ridwan. (2022). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BAKERY DAN KUE FALISHA KITCHEN BRATANG GEDE SURABAYA. PSHPM: Prosiding Seminar Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat , 1(1), 25-35. https://doi.org/10.30996/scfp.v1i1.706