DESAIN WADAH AKTIVITAS LITERASI SEBAGAI THIRD PLACE DI “GUBUK PANJI ISOR KLENGKENG [GPIK]” DESA ARGOSARI, KECAMATAN JABUNG, KABUPATEN MALANG

Authors

  • Farida Murti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mufidah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30996/scfp.v1i1.703

Keywords:

Desain Wadah Aktivitas, Literasi, GPIK Argosari Malang

Abstract

Abstrak. Pemerintah mencanangkan Gerakan Literasi Nasional [GLN] bagi masyarakat yang tidak hanya melalui  pendidikan formal melainkan juga informal yang dikelola secara mandiri oleh masyarakat. Gubuk Panji Isor Klengkeng [GPIK] adalah salah satu wadah aktivitas literasi yang dikelola secara mandiri oleh masyarakat dan menempati halaman salah satu warga  di Dusun Pateguhan RT03 RW 01 Desa Argosari, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Sejak tahun 2018, jenis dan jumlah kegiatan semakin berkembang tetapi tidak sejalan dengan wadah kegiatannya yang belum terencana secara optimal dengan memanfaatkan potensi tapaknya. Oleh karenanya perlu perencanaan dan perancangan secara arsitektural dengan konsep ruang aktifitas baru yang saling terintegrasi. Adapun metode yang digunakan adalah observasi kondisi eksisting melalui dokumentasi dan wawancara, membuat konsep perancangan, transformasi dan desain. Hasil kegiatan ini adalah usulan desain GPIK.

Kata Kunci: desain wadah aktivitas; literasi; GPIK Argosari Malang

References

Hartono, W. (2019). Transformasi ruang pada rumah tinggal penggiat komunitas reog di Pendukuhan Gunungsari Desa Bejiharjo, Kabupaten Gunungkidul. ARTEKS : Jurnal Teknik Arsitektur, 4(1), 13–24.

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan model pembelajaran dengan permainan tradisional engklek sebagai sarana stimulasi perkembangan anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19

Tantarto, D. D., & Hertoery, D. A. (2020). The role of space in sustaining children’s traditional games. ARTEKS : Jurnal Teknik Arsitektur, 5(3), 359–372. https://doi.org/10.30822/arteks.v5i3.504

Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional, 50.

Masfingatin, T., Pamungkas, N. B., & Anggraini, P. (2020). Penataan ruang pojok baca cendekia di desa sundul kecamatan parang magetan. 19, 283–289.

Oldenburg, R. (1989). Great Good Place Cafes, Coffe Shops,Bookstores, Bars, Hair Salons and Other Hangout at the Heart of the Community.

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Farida Murti, & Mufidah. (2022). DESAIN WADAH AKTIVITAS LITERASI SEBAGAI THIRD PLACE DI “GUBUK PANJI ISOR KLENGKENG [GPIK]” DESA ARGOSARI, KECAMATAN JABUNG, KABUPATEN MALANG . PSHPM: Prosiding Seminar Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat , 1(1), 9-15. https://doi.org/10.30996/scfp.v1i1.703