UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI DIGITAL MARKETING DAN REBRANDING UMKM DESA BEGAGANLIMO KECAMATAN GONDANG KABUPATEN MOJOKERTO
Abstract
Beberapa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di desa Begaganlimo
Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto adalah “Aneka Keripik Lancar Riski”, “Oleh- Oleh Kiyep
Begaganlimo”, ““Keripik Talas Bu Pi’arah”” . UMKM menjual berbagai keripik yang terdiri dari
keripik pisang, keripik talas, dan keripik gadung. UMKM ini menjadi salah satu UMKM terbesar di
desa Begaganlimo. Produksi keripik dalam sekali produksi adalah 10 - 15 kg dengan rentan waktu
pembuatan hingga 3 hari. Penjualan dilakukan di sekitar desa Begaganlimo dan juga disetor ke kota.
Hal itu dikarenakan lokasi desa yang cukup jauh yaitu 22 km. Sehingga perlu adanya digital
marketing berupa media social atau marketplace agar keripik ini bisa dikenal di masyarakat luas.
Packaging dari keripik tersebut hanya menggunakan plastic biasa tanpa adanya stiker ataupun
pengenal. Peningkatan produk dengan ditambahkan rebranding packaging dari UMKM tersebut.
Pilihan yang ditawarkan hanya ada rasa original, sehingga pilihan nya sedikit. Sehingga perlu adanya
rebranding variasi rasa dibutuhkan untuk menarik pembeli. Sehingga peningkatan penjualan bisa
dilakukan dengan rebranding produk dan digital marketing.