Business Internship Symposium; Prodi Administrasi Bisnis

Pelaksanaan Pelayanan Pelanggan Dan Pemasaran Yang Ada Di PT. PLN (Persero) UP3 Surabaya Selatan ULP Dukuh Kupang

Penulis

  • Danar Bagus Danar Mahasiswa

Kata Kunci:

Magang, Pelayanan Pelanggan, Administrasi Bisnis

Abstrak

Pengembangan diri dan kompentensi mahasiswa selama kuliah dapat diterapkan secara baik pada saat kerja magang sesuai dengan ilmu atau teori yang telah dipelajari pada jurusan administrasi bisnis dan dapat dipraktikkan melalui pelaksanaan pelayanan pelanggan dan pemasaran. Kegiatan pelaksanaan pelayanan pelanggan dan pemasaran bisa dilakukan pada perusahaan pemerintah atau BUMN yaitu PT. PLN (Persero) UP3 Surabaya Selatan ULP Dukuh Kupang, Magang di PT PLN (Persero) UP3 Surabaya Selatan ULP Dukuh Kupang memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja dimasa yang akan datang serta mendapatkan ilmu, relasi dan lain sebagainya. Metode dilakukan dengan survey tempat, penempatan unit dan sub rayon, praktik magang, dokumentasi dan laporan. Pada divisi pelayanan pelanggan mempunyai tugas seperti menginput data pelanggan ke sistem PLN yaitu AP2T (Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpadu) dan EIS (Executive Information System). Sistem ini memiliki kegunaan membantu akan kebutuhan masyarakat atau pelanggan, dengan ini target dimasa yang akan datang perusahaan bisa digapai sesuai target yang lebih efektif. Pelaksanaan kegiatan pelaksanaan pelayanan pelanggan dan pemasaran dilakukan di PT. PLN (Persero) UP3 Surabaya Selatan ULP Dukuh Kupang. Kegiatan pelaksanaan pelayanan pelanggan dan pemasaran yang dilaksanakan selama 1,5 bulan kerja yang dimulai pada tanggal 15 Januari sampai 8 Maret 2024 memiliki fokus pada bidang administrasi digital, pelayanan mobile dan pemasaran.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-15