UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN DINAS PERHUBUNGAN (Studi Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo)

Authors

  • Reicha Artha Maudia -

Keywords:

PERANAN, DINAS PERHUBUNGAN, PELAYANAN PUBLIK, TRANSPORTASI

Abstract

Penelitian ini dilandasi bahwa Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo merupakan sebuah instansi yang memegang fungsi yang cukup kompleks untuk menangani sektor transportasi secara umum. Salah satu tugasnya adalah untuk peningkatan mutu pelayana terhadap masyarakat sesuai bidangnya dengan berbagai macam cara untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo adalah dengan meningkatkan pelayanan masyarakat tepatnya pada bidang kesekretariatan, penerangan jalan umum (PJU), dan bidang-bidang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengupayakan peningkatan kualitas pelayanan transportasi secara umum.. Metode yang digunakan yaitu menggunakan penelitian deskriptif. Dalam proses mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik dokumentasi dan observasi. Dan yang menjadi fokus utamanya adalah Peranan Dinas Perhubungan sebagai penyedia fasilitas yakni sebagai institusi yang bertanggung jawab atas sarana dan prasarana serta Dinas Perhubungan sebagai evaluator yang memonitor segala kebijakan yang berkaitan dengan bidang perhubungan.

Kata kunci: peranan, dinas perhubungan, pelayanan publik, transportasi.

Downloads

Published

2024-08-15